Cara Mengembalikan Warna Pakaian Yg Sudah Pudar


Unduh PDF


Unduh PDF

Tentu rasanya kesal saat mengawasi pakaian yang baru saja Engkau beli pudar warnanya. Untungnya, ada beberapa mandu berbeda nan bisa digunakan bagi mengembalikan warna plong pakaian. Terkadang, residu detergen boleh menimbun di pakaian sehingga membuatnya tampak kusam. Dalam kasus ini, mencuci pakaian dengan garam ataupun cuka mungkin bisa membantu membuatnya tampak seperti baru kembali. Kalau rona pakaian pudar seiring eksploitasi, Ia mungkin dapat merendamnya dalam zat pewarna lagi agar tampak lebih seri! Engkau juga mungkin bisa menjajari warna pakaian menggunakan incaran rumahan seperti natrium bikarbonat, kopi, atau hidrogen peroksida.

  1. 1

    Masukkan pakaian yang warnanya pudar dan detergen legal ke dalam mesin cuci.
    Kalau rona pakaian Engkau pudar setelah beberapa kali dicuci, penyebabnya barangkali adalah tumpukan sempuras detergen. Menambahkan garam saat mencuci bisa mendukung membedakan gundukan ini sehingga mewujudkan rok Sira tampak sebagaimana baru pun.
    [1]

    • Detergen tepung lebih pelalah meninggalkan residu dibandingkan detergen hancuran.
  2. 2

    Tambahkan 1/2 cangkir (150 gram) garam ke dalam mesin cuci.
    Setelah memasukkan pakaian dan detergen ke dalam mesin cuci, tambahkan sekitar 1/2 cangkir (150 gram) garam. Selain mengembalikan warna pakaian, garam juga bisa mencegah pakaian baru awawarna saat bisa jadi pertama dicuci.
    [2]

    • Anda boleh menambahkan garam saban-saban mencuci pakaian jika cak hendak.
    • Garam biasa atau garam lumat cocok digunakan dalam persiapan ini. Tetapi, sebaiknya hindari menunggangi garam laut nan kasar karena mana tahu tak bisa sagu belanda sempurna di kerumahtanggaan mesin cuci.
    • Garam juga efektif bikin menghilangkan calit, terutama noda darah, pupuk, atau calit keringat.[3]
  3. 3

    Keringkan pakaian seperti biasa.
    Sehabis busana radu dicuci, angkat dan periksalah warnanya. Jika Beliau sreg dengan karenanya, jemur ataupun keringkan rok dengan mesin. Jika corak baju masih tampak seput, cobalah mencucinya dengan cuka.[4]

    • Anda mungkin harus menggunakan zat pewarna untuk mengembalikan corak rok yang pudar seiring pemakaian.

    Iklan

  1. 1

    Tuang 1/2 cangkir (sekitar 120 ml) cuka putih ke dalam mesin basuh.
    Jika Dia menggunakan mesin cuci bukaan atas, Anda bisa langsung menuang cuka ke dalam drumnya. Sementara itu, jika Beliau menunggangi mesin cuci bukaan depan, Anda bisa menuang cuka ke dalam wadah yang resmi digunakan bikin memasukkan pelembut pakaian. Cuka akan membantu menyenangkan residu detergen atau mineral air sadah, dan hasilnya, baju Ia akan tampak kian cemerlang.
    [5]

    • Cuka juga akan mencegah geladir detergen menumpuk di pakaian. Jadi, cuka bagus digunakan bikin mencegah corak pakaian baru pudar ketika dicuci.
      [6]

    Tip:
    Bikin membersihkan pakaian makin tekun, Beliau juga bisa mengencerkan 1 cangkir (250 ml) cuka putih dalam 4 liter air hangat. Rendam pakaian dalam larutan cuka ini sejauh 20-30 menit sebelum dicuci seperti lazim.

  2. 2

    Cucilah pakaian dengan air dingin dan siklus normal.
    Masukkan pakaian yang pudar ke dalam mesin cuci, tambahkan detergen, kemudian nyalakan mesin. Berulangulang, mengempoh pakaian di dalam hancuran cuka kemudian mencucinya seperti stereotip sudah cukup bikin membuat warnanya tampak lebih cemerlang.
    [7]

    • Pilihlah siklus mencuci nan cocok dengan gaun Anda. Misalnya, jika Anda mencuci baju berbahan halus, pilihlah siklus kumbah kecil-kecil. Provisional itu, lakukan pakaian dari objek yang kian kuat seperti katun atau denim, Kamu bisa memperalat siklus mencuci normal.
  3. 3

    Jemur maupun keringkan pakaian dengan mesin.
    Sehabis dibilas, pakaian akan tahir dari cuka. Jadi, pakaian sehingga tidak akan berbau cemberut selepas dicuci. Ia boleh membolakbalikkan pakaian atau mengeringkannya dengan mesin, sesuai wahyu perawatan privat etiket atau cara meringkaikan biasanya.

    • Seandainya masih adv minim berbau cuka, jemurlah pakaian di asing apartemen atau keringkan dengan mesin bersama lembaran pelembut gaun. Bau cuka seharusnya akan hilang setelah pakaian kersang.
    • Sekiranya warna baju Sira masih tertentang kusam, zat pewarnanya mungkin sudah luntur. Dalam kasus ini, Anda mungkin harus menggunakan zat cat pakaian.

    Iklan

Baca :   Air Jahe Memperbesar Payudara
  1. 1

    Periksalah keunggulan lega rok untuk mengetahui apakah bahannya boleh menyerap pewarna.
    Sebagian spesies karet fertil menyerap pewarna makin baik daripada jenis reja lainnya. Jadi, sebelum mencoba memperalat zat pewarna, perhatikan jenama busana untuk mengetahui jenis kejai penyusunnya. Jika terbuat terbit paling tidak 60% serat alami begitu juga katun, sutra, linen, rami, atau laken, atau jika terbuat dari untai ataupun sutra tiruan, kemungkinan osean, pakaian tersebut cukup bagus menyerap cat.[8]

    • Rona pakaian yang terbuat semenjak paduan kawul alami dan artifisial mungkin lain akan sepekat pakaian nan terbuat berasal 100% serat alami jika diberi cat.
    • Jika baju Kamu terbuat bersumber target akrilik, spandeks, poliester, atau serat metalik, alias jika dalam labelnya tercantum “Dry Clean Only“, kemungkinan lautan rok itu tidak bisa menyerap pewarna dengan baik.

    Komisi:
    pastikan rok nan mau Anda beri pencelup sudah bersih konseptual. Jika ada bercak maupun noda, zat cat boleh jadi tidak bisa meresap merata ke dalam kainnya.

  2. 2

    Pilihlah zat pewarna semirip mungkin dengan rona asli pakaian.
    Takdirnya Beliau ingin mewujudkan busana terpandang lagi sebagai halnya baru, bawalah gaun tersebut ke toko peralatan rumah atau kerajinan tangan untuk mengidas zat pewarna yang sekata. Berusahalah mengejar zat cat semirip bisa jadi karena akan menghasilkan warna yang paling jelas dan alami.
    [9]

    • Jika Anda kepingin memungkiri warna gaun, kemungkinan besar Engkau membutuhkan zat penghilang warna malah dahulu.
  3. 3

    Lindungi kulit dan area yang Ia gunakan dari zat pewarna.
    Tutupi daerah yang akan digunakan dengan buku harian bekas, terpal, ataupun saku plastik. Dengan begitu, percikan zat pencelup lain akan meninggalkan calit di meja, kenap pendiangan, atau lantai. Selain itu, siapkan juga lap atau tisu dapur bakal berjaga-jaga jika Anda harus membersihkan tumpahan zat pewarna dengan cepat. Setelah itu, kenakan pakaian lama dan sarung tangan tebal agar kulit Anda tidak ikut tertimpa noda zat cat.
    [10]

    • Kamu harus melindungi tangan karena aliansi dengan zat pewarna dapat menyebabkan iritasi kulit.
      [11]
  4. 4

    Isilah kancah dengan air hangat bersuhu sekitar 50-60 °C.
    Sebagian lautan pemanas air diatur dengan suhu maksimal 50 °C, cuma ada juga yang diatur dengan suhu maksimal 60 °C. Takdirnya Ia punya alat pemanas, air pecah keran saja mudahmudahan sudah lalu memadai. Namun, takdirnya tidak, Engkau boleh merebus air di penyalai, kemudian mengangkatnya tepat sebelum mendidih, atau sekitar 90 °C. Tuang air ke n domestik ember, bak besar, atau mesin cuci.
    [12]

    • Anda membutuhkan sekitar 11 liter air bikin setiap 0,5 kg baju.
    • Ember atau panci samudra semupakat digunakan bikin baju boncel seperti atasan tipis, aksesori, ataupun gaun anak. Sementara itu, gunakan bak plastik alias mesin cuci untuk busana nan lebih besar seperti sweter atau celana jin.
      [13]
    • Sebagian segara pakaian punya berat selingkung 0,2-0,4 kg.
      [14]
  5. 5

    Larutkan garam dan zat pewarna dalam secangkir kerdil air kemudian tuang ke n domestik bak.
    Ikuti tajali dalam buntelan zat pewarna kerjakan menentukan takaran pastinya. Umumnya, Anda membutuhkan sekitar 1/2 botol zat cat untuk setiap 0,5 kg kain. Untuk membantu zat pewarna kian mudah meresap, tambahkan 1/2 cangkir (150 gram) garam untuk setiap 0,5 kg baju yang direndam dalam larutan pewarna. Aduk-aduk zat cat dan garam dalam secangkir kecil air hangat hingga seluruhnya larut. Setelah itu, tuang ke internal bekas yang kian osean. Gunakan sendok pangkat maupun penjepit ferum bagi mencampur seluruh hancuran.
    [15]

    • Sebaiknya lebih mudah dibersihkan, pertimbangkan buat menggunakan mayat atau sendok plastik saat mengarau zat pencelup dalam tempat kecil. Dengan begitu, Sira bisa langsung membuangnya selepas selesai.
  6. 6

    Masukkan busana dan rendam dalam larutan pencelup selama 30-60 menit sambil terus diaduk.
    Masukkan pakaian ke dalam cairan pencelup dan gunakan sendok atau penjepit bagi memerosokkan setakat terendam seluruhnya. Pastikan pakaian terjenuhi seluruhnya dengan cair pewarna. Agar zat cat meresap merata ke dalam kain, aduk-aduk pakaian setiap 5-10 menit. Awalan ini akan mendukung mencegah lipatan ataupun gumpalan menghalangi zat pewarna meresap ke dalam perca.
    [16]

    • Makin sering diaduk, corak gaun akan makin merata. Sebagian orang lebih suka terus mengaduk busana, sementara yang tak merasa mengarun pakaian setiap beberapa menit sekali sekadar sudah cukup.
  7. 7

    Angkat pakaian dari larutan cat kemudian bilas dengan air cahang.
    Setelah waktu yang dianjurkan, maupun pasca- warnanya tampak cukup pekat, gunakan penjepit atau sendok untuk mengangkat baju perlahan-tanah dari dalam rendaman cat. Pindahkan rok ke intern bagaikan bersiram atau wastafel kemudian bilas dengan air dingin mengalir hingga bilasannya jernih.
    [17]

    • Ingatlah, warna pakaian akan tampak kian pekat saat masih basah. Pertimbangkan situasi ini saat menentukan apakah baju sudah selesai direndam.
    • Segera bersihkan wastafel maupun bak mandi seyogiannya zat pewarna tak meninggalkan calit.
  8. 8

    Cucilah busana tersebut dengan mesin dan air campah tanpa busana enggak.
    Jika sreg dengan corak yang dihasilkan, baliklah pakaian dan masukkan ke mesin cuci. Meskipun Anda sudah membilas sebagian segara zat pewarna secara manual, masih akan ada zat pewarna nan pudar saat busana dicuci. Makara, jangan cuci busana ini bersama pakaian tidak, atau busana nan tak pun akan terkena zat pencelup. Nyalakan mesin dengan siklus air dingin.
    [18]

    • Membalik baju dari dalam keluar akan membantu mempertahankan warnanya selama dicuci.
  9. 9

    Keringkan baju bakal mengintai warna balasannya.
    Kamu boleh menjemur pakaian atau memasukkannya ke mesin cuci, sesuai varietas karet dan saringan Anda. Barang apa pula caranya, selepas radu, periksalah pakaian bagi memastikan zat pewarna meresap merata dan tidak menyisakan bercak atau area yang lebih terang. Pastikan Anda sreg dengan hasilnya.[19]

    • Takdirnya perlu, rendamlah anak baju larutan pencelup sekali lagi.

    Iklan

Baca :   Cara Membuat Kerajinan Tangan Dari Kardus Sepatu
  1. 1

    Coba tambahkan soda api kue ke dalam mesin cuci untuk menciptakan menjadikan gaun putih tertumbuk pandangan makin cemerlang.
    Soda kue yaitu target rumahan nan dapat membuat pakaian tampak lebih cemerlang, dan sangat efektif terlebih pada pakaian putih. Layak masukkan seputar 1/2 cangkir (90 gram) natrium hidroksida kue ke privat ngarai mesin cuci bersama pakaian dan detergen biasa.
    [20]

    • Natrium hidroksida kue lagi ampuh untuk menghilangkan bau pada pakaian![21]
  2. 2

    Kembalikan rona pakaian hitam

    menggunakan cair teh atau kopi.

    Jika Kamu wajib cara yang mudah dan murah untuk mengembalikan warna pakaian hitam seperti baru, seduhlah 2 cangkir (500 ml) sahifah alias teh kental. Masukkan busana ke mesin cuci dan cucilah seperti biasa, tetapi jangan kemana-mana. Saat memasuki siklus bilas, bukalah tutup mesin cuci dan tuang kopi atau teh. Biarkan siklus bilas selesai kemudian jemur pakaian hingga kering.
    [22]

    • Mengeringkan busana berwarna hitam dengan mesin dapat mewujudkan warnanya makin cepat pudar.
  3. 3

    Tambahkan lada hitam bubuk ke dalam mesin basuh untuk membuat warna pakaian lebih cemerlang.
    Masukkan busana ke internal mesin cuci seperti biasa, kemudian tambahkan 2-3 sendok teh (8-12 gram) merica hitam bubuk. Lada hitam akan membantu mengangkat residu detergen, provisional bubuknya akan terbawa air basuhan.
    [23]

  4. 4

    Cuci pakaian ceria dengan hidrogran peroksida untuk membuat warnanya bertambah cemerlang.
    Jika baju tulen Ia tampak luntur atau kusam sehabis sejumlah kali dicuci, Anda mungkin tergoda merendamnya dalam larutan pemutih. Cuma, bahan pemutih lama-kelamaan boleh menghilangkan warna sekaligus takhlik kain menjadi rapuh. Sebagai gantinya, tuang 1 cangkir (250 ml) hidrogen peroksida bersama detergen pakaian kemudian cucilah pakaian seperti lumrah.
    [24]

    Iklan

Baca :   Cara Diet Dengan Buah Plum Segar

  • Ia dapat mengombinasikan teknik di atas lakukan membuat busana ekstra cemerlang. Misalnya, menambahkan cuka dan garam momen mencuci baju.
  • Pisahkan pakaian sesuai warnanya, putar dari intern keluar kemudian basuh dengan air campah untuk mencegahnya pudar.

Iklan

Peringatan

  • Jangan menyedang kaidah privat artikel ini lega pakaian berlabel “dry clean only” alias pakaian yang tetapi dapat dicuci cengkar. Kain begitu juga ini sangat lumat dan galibnya lain bisa menyerap zat pewarna dengan baik.

Iklan

Hal nan Ia Butuhkan

  • Garam
  • Detergen pakaian
  • Cuka kudrati
  • Detergen
  • Garam (opsional)
  • Zat pencelup
  • Wadah lautan atau mesin cuci
  • Air panas
  • Terpal, lap kain, ataupun kantong plastik
  • Pakaian lama dan sarung tangan tebal
  • Cangkir kecil
  • Garam
  • Batang pengaduk alias sendok plastik
  • Sendok strata atau penjepit
  • Soda kue (opsional)
  • Kopi atau teh (mana suka)
  • Lada hitam (opsional)
  • Hidrogren peroksida (opsional)

Tentang wikiHow ini

Halaman ini sudah diakses sebanyak 53.728 kali.

Apakah artikel ini membantu Anda?

Cara Mengembalikan Warna Pakaian Yg Sudah Pudar

Source: https://id.wikihow.com/Mengembalikan-Warna-Pakaian-yang-Pudar

Check Also

Kenapa Mata Kucing Bengkak Sebelah

Unduh PDF Unduh PDF Kesehatan mata lewat terdahulu bagi kucing dan harus diperiksa makanya pemilik …