Cara Menggunakan Pupuk Npk Pada Tanaman Buah

Cara Menggunakan Pupuk Npk Pada Tanaman Buah

KOMPAS.com
– Pupuk NPK dur merupakan salah satu jenis pupuk nan banyak digunakan, baik bikin pohon perladangan atau sekadar bagi pohon solek. Pupuk ini diketahui mempunyai manfaat yang terlampau baik untuk pertumbuhan tanaman dengan cepat.

Pupuk NPK sendiri yakni pupuk macam kimia yang memiliki rahim nitrogen (N), fosfor (P), dan kalium (K).

Pupuk NPK mutiara diklaim dapat menyuburkan keseluruhan pecah tanaman, mulai bersumber daun, bunga, jenazah serta akar tumbuhan, itu apabila penggunaan pupuk NPK dilakukan dengan tepat dan sopan.

Kalau anda tertarik menggunakan cendawan NPK mutiara, ketahui dulu mandu menggunakan rabuk NPK mutiara pada tanaman yang yang sesuai dan benar.

Mengapa demikian? Karena bila keseleo kerumahtanggaan menggunakannya, nan terjadi terlebih tanaman akan menjadi rusak ataupun malah ranah lantaran sifat kimia yang terserah pada serabut NPK.

Baca sekali lagi: Simak, Cara Menggunakan Pupuk NPK Mutiara seyogiannya Tanaman Bukan Kemungkus

Kehancuran yang boleh terjadi antara lain tanaman menjadi layu, menjadi gosong ataupun terbakar sampai kematian lega tanaman.

Maka bersumber itu, pemanfaatan pupuk NPK bikin menyuburkan tanaman sebenarnya cukup berisiko. Cuma itu bukan bermanfaat pupuk NPK lain bisa digunakan.

Ada cara yang bisa dilakukan dalam memperalat cendawan NPK dur cak bagi menghindari kerusakan tanaman, yaitu sebagai berikut:

Larutkan 10 gram baja NPK ke 1 liter air

Rata-rata baja NPK mutiara yang dijual di kacangan memiliki runyam 1 kg. 1 kg pupuk NPK mutiara harus dicampurkan dengan air sebanyak 100 liter.

Maka pecah itu, kamu harus tekun sesuai menakar pupuk NPK detik dicampur dengan air. Bagi memudahkanmu, siapkan air 1 liter di dalam timba.

Baca :   Cara Dapat Pancingan Di Harvest Moon Back to Nature

1 liter air di internal timba tadi lalu campurkan dengan 10 gram pupuk NPK mutiara. Takaran lakukan 10 gram kurang lebih sekudung sendok makan lebih. Pasca- mencampurkan 1 liter air dengan 10 gram pupuk NPK mutiara, larutkan sampai merata semua.

Pasca- larutan merata semua, gunakan takaran cangkir mungil untuk pengocoran alias penyiramanan ke tanaman. Cak bagi tanaman nan ada di polybag mungil, bisa kocorkan larutan pupuk NPK sebanyak sepoteng cangkir.

Baca juga: Cara Takhlik Pupuk Alami kerjakan Anggrek


SHUTTERSTOCK/SOMPRASONG WITTAYANUPAKORN
Ilustrasi pupuk NPK, rabuk NPK mutu.

Jangan setakat pengocoran mengenai bangkai apalagi daun tanaman. Gunakan cara ini sebanyak 1 siapa dalam sepekan sampai tanaman ke usia pembungaan dan penyerbukan.

Namun yang perlu diingat, jangan gunakan saban hari, karena interval waktunya harus sesuai kebutuhan tanamannya.

Jika takaran air dan jumlah pupuk NPK mutiara digabungkan dengan baik dan benar, maka tanaman akan boleh bakir dan kesatuan hati.

Baca juga: 7 Rekomendasi Jamur Aglonema agar Subur dan Daunnya Lebat

Situasi penting yang terlazim diperhatikan

  • Vitalitas tanaman harus dewasa

Jangan gunakan pupuk NPK pada bibit tanaman nan masih kecil maupun belia. Usahakan memperalat serat NPK mutiara lega tanaman yang sudah dewasa.

  • Jangan ditabur pada tanaman di polybag

Penaburan serabut NPK ke tanaman tidak baik bagi tanaman, apalagi seandainya penaburan dekat buntang tanamannya.

Namun, apabila ingin menggunanakannya dengan cara ditabur, usahakan pupuk NPK jauh dari batang tanaman dengan jarak minimal 50 cm.

Jika menggunakan polybag kecil, sebaiknya jangan digunakan dengan mandu ditabur karena akan terlalu dekat dengan kunarpa tanaman.

(Sumber:Kompas.com/Abdul Haris Maulana | Pengedit: Sakina Rakhma Diah Setiawan)

Dapatkan update
berita pilihan
dan
breaking news
setiap hari berpokok Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link https://t.berpenyakitan/kompascomupdate, kemudian join. Dia harus install permintaan Telegram malar-malar dulu di ponsel.

Baca :   Cara Menggambar Doraemon Di Tembok

Cara Menggunakan Pupuk Npk Pada Tanaman Buah

Source: https://www.kompas.com/tren/read/2021/09/25/091700865/cara-menggunakan-pupuk-npk-mutiara-yang-tepat-pada-tanaman?page=all

Check Also

Menyusun Buah Di Piring

Menyusun Buah Di Piring Mengatur pola makan erat kaitannya dengan pola umur sehat. Namun, masih …