Cara Menyambung Pohon Jambu Air



Lakukan menyediakan konsentrat tanaman jambu air bermutu yang tepat jenis, tepat waktu dan privat kuantitas banyak dapat dilakukan dengan beberapa langkah, pelecok satunya adalah sambung pucuk alias grafting.

Sambung pucuk/grafting yakni salah satu metode perbanyakan vegetatif tiruan yang sudah lama dikenal dan digunakan masyarakat luas bagi memperbaiki sifat tanaman baik kebiasaan yang berkaitan kualitas maupun nan berkaitan dengan total.





Pada prinsipnya, grafting adalah menggabungkan dua fragmen tanaman (perangkat dan jaringannya) yang masih semangat sedemikian rupa sehingga keduanya dapat bergabung menjadi satu pohon yang utuh yang memiliki sifat nikah antara dua organ atau jaringan yang digabungkan tersebut.

Dua bagian tanaman yang disatukan puas rata-rata adalah kunarpa bawah dan batang atas. Bagian batang bawah nan memiliki perakaran dan menerima sambungan disebut dengan rootstock, understock, ataupun stock. Episode atas yang digunakan cak bagi menyambung disebut dengan scion. Scion dapat berupa potongan buntang atas/entres (cutting) atau juga dapat konkret netra tunas pokok kayu. Jikalau scion yang digunakan adalah cutting, maka disebut dengan grafting. Namun jika scion nan digunakan adalah mata tunas, maka disebut dengan penempelan, budding, atau okulasi.

Berikut ini tinggi Cara Sambung Pucuk Pokok kayu Jambu Air :

Kerumahtanggaan pembuatan bibit jambu air melalui grafting terserah dua bagian berfaedah yang harus siap dalam waktu bersamaan, putaran yang pertama adalah mayat dasar yang bertugas untuk bertanggung jawab n domestik sistem perakaran dan yang kedua ialah batang atas yang didapatkan berpunca tumbuhan indung untuk kemudian disambungkan ke batang bawah.

PERSIAPAN Perangkat DAN Target

  • Pisau okulasi, cutter, silet, ataupun pisau apa saja asalkan tajam dan steril
  • Plastik sungkup
  • Plastik PE 02 atau plastik es lilin kerjakan menyambung sambungan
  • Buntang bawah dan batang atas
Baca :   Cara Membuat Manisan Dari Buah Cermai

PERSIAPAN BATANG BAWAH

Jenazah dasar yang digunakan bikin grafting adalah bibit pokok kayu jambu air yang berasal bersumber persemaian ponten nan berusia diatas 6 bulan, alias penampang batang sudah sebesar pensil, bibit biasanya ditanam di polybag, usahakan diameter batangnya adv minim lebih sebagaimana batang atas.

Pilihlah ekstrak yang sehat, pertumbuhannya bagus, layon tegak dan kokoh.

PERSIAPAN BATANG ATAS/ENTRES

Pokok kayu induk yang akan diambil batang atasnya harus berasal dari varietas unggul, kaya, sehat serta terbebas terbit serangan hama dan penyakit.

Rebut entres berpunca pokok kayu induk konkret cabang yang ujungnya tidak sedang bersemi ( bukan terdapat perempuan muda/cabang dorman), usahakan yang tumbuhnya ke atas, sudah mulai unjuk mata recup yang nantinya akan menjadi tunas hijau dan bacok di atas ruas nan bontot.

Hunjam entres sortiran kemudian pangkas semua daunnya kerjakan mencegah penguapan yang tinggi karena tanaman mengamalkan transpirasi penguapan di ujung daunnya. Sreg saat pemangkasan patera lakukanlah dengan hati-hati agar tidak tentang mata tunas, karena indra penglihatan semi kreatif plong katek daun.

TAHAP PENYAMBUNGAN/GRAFTING

  • Hunjam batang sumber akar sedikit lebih 20-30  cm berusul permukaan tanah.
  • Batang adegan pangkal dibelah sekitar 2-2,5 cm dengan menggunakan pisau, cutter maupun silet tepat di tengah sehingga kedua sisinya setinggi.
  • Entres yang sudah siap untuk disambungkan kemudian disayat kanan kirinya seharusnya membentuk lancip seperti baji, panjang entres kira-kira 15 cm
  • Sisipkan pada belahan jenazah pangkal, upayakan ukuran kunarpa atas dan asal kurang makin sama, usahakan sambungan serapat mungkin dan lain terdapat rongga
  • Kemudian ikat sambungan, seandainya menunggangi plastik es bakal menghubungkan maka ditarik terlebih adv amat agar memanjang kemudian dibelah menggunakan cutter/pisau.
  • Bebat sambungan menggunakan plastik PE atau plastik es tersebut, dengan mandu melilitnya yang dimulai dari bagian dasar ke atas dengan sistem pemasangan genting sampai seluruh putaran sambungan tertutup rapat, rapatkan dan perkuat sangkutan di penggalan atas sambungan mudahmudahan saat hujan, air tidak ikut akan halnya sambungan
  • Jika media tanam kering curah dengan air secukupnya
  • Jikalau batang sumber akar ditanam dalam polybag maka letakkanlah di area yang bukan terkena sinar matahari secara sedarun, baik itu di bawah naungan pokok kayu atau paranet  akan tetapi jangan diletakkan di kerumahtanggaan rumah, dan jika kunarpa bawah ditanam lega lahan maka buatlah naungan sepatutnya konsentrat tidak terpapar sinar matahari secara langsung.
Baca :   Cara Mengatasi Pahit Lidah Saat Sakit

Dalam periode 2 pekan jika pemanjangan berbuah biasanya akan tumbuh tunas-tunas yunior yang unjuk berbunga ketiak-ketiak daun. Pembajak biasanya mempunyai kesimpulan istimewa yaitu kalau dalam 2 minggu entres masih terlihat mentah dan tidak layu ini melambangkan bahwa penyambungan berhasil, akan hanya jika kerumahtanggaan 2 minggu entres kersang atau tenang bermakna pemanjangan gagal.

Demikian ulasan mengenai Pendirian Sambung Pucuk Pohon Jambu Air, sebaiknya artikel ini boleh menambah wawasan dan bermanfaat untuk anda.

Untuk membeli bibit jambu air atau perlengkapan pertanian lainnya silakan kunjungi SentraTani.com

Teks : Channel Youtube berkebun bibit

  • About
  • Latest Posts

Cara Menyambung Pohon Jambu Air

Source: https://www.kampustani.com/cara-sambung-pucuk-pohon-jambu-air/

Check Also

Toko Bunga Liez Florist

Karangan Bunga Kayu Kualitas Bunga Terbaik Kami Akan Bosor makan Menemani Anda Disetiap Moment Bermanfaat …