Contoh Paragraf Deskripsi Tentang Bunga Raflesia Arnoldi

Contoh Paragraf Deskripsi Tentang Bunga Raflesia Arnoldi

Sebagai pelecok satu tanaman langka di mayapada Rafflesia Arnoldi punya fakta fakta spesifik yang membuat bunga ini berbeda dan istimewa apabila dibandingkan dengan tumbuhan lain.

Rafflesia Arnoldi adalah sebuah tanaman parasit yang biasa tumbuh di pangan. Memiliki ukuran yang habis besar, bunga ini tumbuh laksana sebuah parasit di hutan. Tetapi sayang, masa ini Rafflesia Arnoldi medium terancam punah makara harus taajul dilestarikan.

Walaupun n kepunyaan bentuk yang sangat cantik, tapi sebatas saat ini bunga ini memiliki masa mekar yang enggak menentu. Sahaja pada kenyataannya Rafflesia Arnoldi membutuhkan waktu hingga 9 wulan bagi mekar, dan hanya tarik urat selama 1 minggu semata-mata.


1. Pangkal Tanda Rafflesia Arnoldi

Sir Thomas Stamford Bingley Raffles

Dua lelaki asal Inggris
Dr. James Arnold
dan
Sir Thomas Stamford Bingley Raffles
menemukan tumbuhan ini puas tahun 1818. Keduanya melakukan sebuah pengiriman barang nan dilakukan bersendikan sebuah koran yang dibuat oleh Louis Auguste Deschamp.

Tak lama setelah penemuannya, Dr. James Arnold meninggal mayapada akibat demam yang dideritanya. Untuk menghormatinya, tumbuhan nan ditemukan bersama dengan Sir Thomas Stamford Bingley Raffles akhirnya dinamakan Rafflesia Arnoldi.


2. Anak uang Terbesar di Dunia

rafflesia

Rafflesia Arnoldi ketika ini mencatatkan rekor sebagai anakan tunggal dengan ukuran terbesar di marcapada. Fakta mendaftarkan Rafflesia Arnoldi terbesar nan pernah tercatat memiliki penampang 105cm dan berat setakat 11kg. N kepunyaan lobus menyerupai kelopak yang ketebalannya mencapai 1 inci.

Tidak hanya itu saja, ketika masih kuncup anak uang ini lagi mempunyai dimensi nan sangat lautan. Ukuran kuncup terbesar nan sangkutan tercatatkan mencapai 43cm. Takdirnya dibandingkan, ukuran kuncup Rafflesia Arnoldi lebih besar dari ukuran tali tap mobil pada umumnya.

Baca :   Mengobati Gonore Dengan Rebusan Daun Sirih

3. Tipe Rafflesia Arnoldi

Cak semau dua varietas Rafflesia Arnoldi dan keduanya banyak tumbuh di Indonesia. Yang purwa yakni R. Arnoldi var. Arnoldi yang banyak ditemukan di Sumatera dan Kalimantan. Sementara itu yang satunya lagi adalah R. Arnoldi var. Atjehensis yang banyak ditemukan di Sumatera Utara.

Perbedaan penting diantara keduanya yaitu tidak ditemukannya fragmen Ramenta pada Arnoldi var. Atjehensis.

Kini Rafflesia Arnoldi sudah termasuk dalam salah satu Rente Kebangsaan Indonesia dan tanggal 9 Januari yang merupakan hari penetapannya diperingati sebagai masa Bunga Nasional.


4. Tak Punya Patera, Batang dan Akar tunjang

Rafflesia Arnoldi bertunas sebagai tumbuhan parasit, itulah kenapa tumbuhan ini tak punya daun, batang dan akar. Satu satunya akar nan dimiliki tumbuhan ini adalah akar semu yang digunakannya buat menempel pada tanaman inangnya.

Bak tanaman pasilan, Rafflesia Arnoldi tidak memproduksi makanannya sendiri. Melainkan hidup dengan mengambil rahim dari pohon inangnya dengan menggunakan akar tunggang semunya.


5. Punya Bau Rusak

rafflesia arnoldi bau bangkai

Nama lain dari pokok kayu ini yaitu anak uang bangkai, dikarenakan saat bunga ini mekar akan membebaskan bau yang sangat busuk menyerupai bangkai.

Fakta solo lainnya dari Rafflesia Arnoldi, kalau bunga lain lega umumnya menggunakan lebah atau kupu kupu dalam penyerbukannya sahaja pada tanaman ini penyerbukannya justru dibantu oleh lalat.

Bau busuk yang dikeluarkan ini memiliki tujuan buat ulem laler ataupun insekta lainnya datang.


6. Memiliki Biji pelir

Memiliki Buah

Sebagai halnya halnya makhluk hidup lainnya, tumbuhan ini kembali mengerjakan reproduksi. Apabila pembenihan dengan memperalat laler dan insek lainnya bertelur, maka bunga ini akan mengasingkan biji pelir.

Buah Rafflesia Arnoldi memiliki bagan melingkar dengan kaliber bervariasi antara 12 setakat 15 cm.

Baca :   Rental Tanaman Hias Indoor

Buah ini sangat disukai tikus wana dan tupai karena mengandung biji nan sangat banyak. Hewan inilah kemudian yang kontributif penyebaran biji Rafflesia Arnoldi ke berbagai palagan di hutan.

Baca: Prinsip Menanam Teratai (Seroja)


7. Termasuk Pohon Berat di Dunia

rafflesia arnoldi model

Rafflesia Arnoldi adalah tanaman uniseksual yang pembuahannya tergolong rumit. Ini dikarenakan kemungkinan seekor laler hinggap di atas bunga jantan dan mengapalkan abuk sari ke rente betina supaya terjadi penyerbukan adalah sangat jarang sekali.

Inilah kenapa bilang spesies rente ini masuk ke dalam klasifikasi “sangat terancam punah” makanya International Union for Conservation of Nature (IUCN)

Kecilnya prospek pembenihan inilah yang akhirnya mendorong para ahli cak bagi menumbuhkan tumbuhan ini dalam sebuah mileu yang dikhususkan supaya selalu tertangani dan terlindungi. Selain itu faktor lainnya nan membuat bunga ini menjadi semakin langka yaitu semakin berkurangnya jenggala akibat aktivitas manusia.

Sungguhpun aksi ini lain selalu membuahkan hasil, namun pada kenyataannya pemerintah cak acap berusaha bikin mereservasi dan melestarikan tumbuhan yang sangat langka ini.

Itulah 7 fakta terdahulu dari Rafflesia arnoldi yang memiliki keunikan di Indonesia. Bunga ini kini sudah berada di hilir kepunahan, dan sudah kewajiban jawab kita untuk menjaga kelestariannya cak agar bisa tetap mengotot hidup dan terhindar berpunca kepunahan.

Baca pun: Cara Menyelamatkan Bunga Kenanga

Contoh Paragraf Deskripsi Tentang Bunga Raflesia Arnoldi

Source: https://kutanam.com/fakta-bunga-rafflesia-arnoldi/

Check Also

Menyusun Buah Di Piring

Menyusun Buah Di Piring Mengatur pola makan erat kaitannya dengan pola umur sehat. Namun, masih …