Mengatur pola makan erat kaitannya dengan pola umur sehat. Namun, masih banyak yang mengartikan jikalau mengatur pola makan berarti masuk mengurangi jatah makan makannya. Padahal sebenarnya nggak buruk perut sedemikian itu. Sesungguhnya titik api utama mengatur konseptual bersantap ialah memilih keberagaman makanan yang tepat dengan tata letak sepadan untuk memenuhi kebutuhan gizi masing-masing.

Sudahlah, asupan gizi sekufu bisa Sobat Hipwee dapatkan dengan pendirian mengatur atak menu perut. Perhubungan tangkap suara istilah piring sehat? Di atas piring sehat akan ditata atak seimbang antara karbohidrat, protein, sebatas biji kemaluan-buahan.

Selain keseimbangan gizi, metode piring bugar ini juga akan mengontrol setiap makanan yang ikut ke internal raga. Dengan begitu, metabolisme akan melanglang lebih lancar dan tubuhmu berangsur-angsur sehat.

Sekiranya SoHip berniat mengatur pola makan dengan piring segar, yuk simak dulu panduannya sebagai berikut!

Biar nggak gampang ganar mengatur porsi menu makan, ingatlah bahwa setiap piring makanmu terlazim dibagi menjadi 4 adegan

Empat bagian piring sehat | Credit: Hipwee

Fokus utama metode piring bugar ialah neraca kas dapur nan seimbang dan sesuai dengan kebutuhan tubuh. Sesuai anjuran Kementerian Kesegaran, menu-menu tembolok intern konsep piring sehat mesti disebar ke intern 4 adegan yakni makanan pokok, ikan pauk alias protein, sayur-sayuran, dan biji kemaluan-buahan.

Mungkin sejenak terbawa mirip dengan konsep 4 Sehat 5 Sempurna yang udah lebih dulu tersohor. Namun, kedua metode ini patuh farik. 4 Sehat 5 Sempurna kian berujud untuk mengenalkan jenis-jenis tembolok nan harus dikonsumsi setiap pesta. Keduanya memang berjasa bagi menepati kebutuhan sehari-hari tapi 4S5S nggak mengajarkan mengenai pembagian menu makanan tersebut agar lebih terkontrol.

Baca :   Cara Menyimpan Buah Plum

Cukuplah, kali ini beliau akan mulai membagi isi piringmu dengan proporsi berikut ini:

  • 30% diisi dengan fruktosa atau lambung pokok
  • 30% diisi dengan sayur-sayuran
  • 20% diisi dengan protein cak bagi ikan pauk
  • 20% diisi dengan buah-buahan

Mulai dari yang mula-mula yaitu karbohidrat. Porsinya jadi salah satu nan terbesar karena akan digunakan perumpamaan sumber tenaga

Asupan karbohidrat

Asupan karbohidrat | Photo by Pille R. Priske on Unsplash

Untuk beraktivitas sehari-hari, SoHip pelir nafkah yang mengenyangkan dan itu didapatkan berpangkal asupan karbohidrat. Sebagian besar individu Indonesia masih belum merasa lengkap jika belum makan nasi. Tapi selain nasi, SoHip bisa mengganti asupan putaran ini dengan milu, ketela pohon, mi, atau ubi benggala rebus sesuai kebutuhanmu.

Pilihan lain, SoHip bisa mengisi 30% ini dengan memilih spesies fruktosa kompleks seperti biji-bijian, gandum, dan nasi cokelat. Jenis kas dapur demikian ini kaya akan serat sehingga anda nggak akan mudah lapar nantinya.

30% isi piring berikutnya yaitu kerjakan sayur-sayuran. Udah saatnya tubuhmu lebih diisi dengan serat dibandingkan lezat

Sayur-sayuran

Sayur-sayuran | Photo by Sharon Pittaway on Unsplash

Porsi sayuran memang harus lebih banyak dibandingkan lauk pauk. Sayangnya, belum banyak orang yang mampu menerapkan ini. Nggak heran, tongseng kambing memang terlihat kian menggoda ketimbang sayur brokoli. Tetapi, yang sedap di lidah nggak selamanya sehat di tubuh lo.

Sayur-sayuran ini sangat terdepan karena mengandung baja, vitamin, dan mineral. Pencernaanmu juga akan lebih lancar karena sayur berperan sebagai antioksidan cak bagi menandingi radikal bebas. Untuk pilihan menunya, kamu bebas kepingin memasukkan jenis sayur apapun menginjak dari kangkung, buncis, bayam, dan lain-bukan.

Siapkan jatah makan 20% selanjutnya untuk lauk pauk nikmat kesukaanmu

Asupan protein

Asupan protein | Photo by Sam Moqadam on Unsplash

Kebutuhan zat putih telur tubuhmu akan diisi lewat pilihan ikan pauk yang kamu taruh di atas piring. Nggak teradat ria-muluk, kamu dapat memakan lauk pauk yang sehari-tahun beliau konsumsi. Misalnya, ayam, telur, tempe, dan ikan. Bagi sira yang vegetarian, ada banyak protein nabati nan bisa dijadikan pilihan sama dengan buncis dan kacang-kacangan.

Baca :   Mata Burung Lovebird Berair

Jadi, coba deh kurangi konsumsi daging ahmar (sapi, kerbau, kambing) dan daging olahan (sosis, nuget,
bacon)
ya. Sesekali sih tidak apa-apa, tetapi jika tidak terkontrol, akan ada banyak dampak buruk seperti level kolesterol yang bukan terkontrol.

Jangan lupa sisipkan 20% buncit bagi buah-buahan

Asupan buah-buahan

Asupan buah-buahan | Photo by Khamkhor on Unsplash

Mulai saat ini, yuk perlahan-lahan ubah camilanmu dengan buah-buahan. Dengan memasukkan buah di salah suatu porsi piring sehat, dia akan cangap diingatkan kalau jenis kas dapur yang satu ini penting banget untuk keseimbangan nutrisi tubuhmu.

Sunyi, udah banyak pilihan buah yang bisa kamu beli dalam kuantitas banyak dan harga terulur. Misalnya jeruk, pisang, atau pepaya. Cukup makan 1 biji zakar atau 2 runjam kerjakan setiap porsi makanmu dalam sehari.

Cukuplah, itu tadi 4 babak piring sehat bagi melengkapi gizimu sehari-tahun. Boleh jadi awalnya kamu belum terbiasa dengan metode ini. Apalagi kalau selama ini ia asal renggut nasi dan lauk pauk bejibun tanpa mikirin sayur dan buah-buahannya. Tapi nggak rudin, yang namanya sukma bugar memang butuh proses.

Selain melengkapi nutrisi sehat dan seimbang melalui pembagian porsi makanan, olah tubuh rutin dan loyal berputar aktif ikut membuat tubuhmu tambah bugar. Bintang sartan, lamun bertahap, jangan kepalang tanggung ya untuk meningkatkan tendensi hidup fit ini. Selamat mencoba!