Nyeri Di Dada Kiri Atas Payudara

Nyeri Di Dada Kiri Atas Payudara

Sakit dada sebelah kiri gelojoh dikaitkan dengan serangan dalaman. Akan saja, kondisi ini lagi bisa disebabkan oleh masalah kesehatan lain, seperti mana godaan pencernaan, problem pada rabu, maupun kondisi psikis, sama dengan serangan panik atau cemas.

Sakit dada sebelah kidal nan disebabkan maka dari itu serangan jantung memerlukan pertolongan medis secepat siapa. Namun, apabila disebabkan makanya gangguan lain, lindu dada sebelah kidal kebanyakan tidak memerlukan uluran tangan temporer.

Oleh karena itu, berjasa untuk memaklumi apa saja penyebab nyeri dada sebelah kidal beserta gejala nan menyertainya sepatutnya dapat dilakukan penanganan secara cepat dan tepat.

Kenali Penyebab dan Gejala Sakit Dada Sebelah Kidal

Ada sejumlah kondisi ataupun ki kesulitan yang boleh menyebabkan ngilu dada sebelah kiri, di antaranya:

1. Terjangan jantung

Serangan jantung terjadi saat aliran darah ke otot dalaman tiba-tiba terhambat. Jikalau linu dada sebelah kiri disebabkan makanya serangan jantung, dada akan terasa seperti tertekan alias tertindih. Selain itu, Kamu juga bisa merasakan gejala lain, seperti:

  • Nyeri yang menjalar berbunga dada ke lengan bagian kiri, rahang, leher, punggung, dan kas dapur
  • Resah
  • Peluh dingin
  • Sesak napas
  • Mual atau muntah
  • Rasa panik yang luar biasa, hampir mirip dengan bidasan panik
  • Batuk ataupun mengi

2. Angina

Angina adalah kondisi yang disebabkan makanya semakin menyempitnya arteri ke dalaman, sehingga arus darah tidak mengalir konvensional.

Terserah beberapa gejala angina yang dapat dirasakan, di antaranya:

  • Sakit dada dada arah kiri yang hambur ke lengan kiri, leher, rahang, ataupun punggung
  • Penyakit asma
  • Mual
  • Linu di dada atau perut putaran bawah yang mirip alai-belai pencernaan
  • Tubuh terasa silam lelah
Baca :   Harga Kembang 7 Rupa

Sakit dada karena angina biasanya terjadi setelah mengamalkan aktivitas jasad yang membuat jantung bekerja kian gigih dan bisa mereda setelah penderitanya bernaung sejauh sejumlah menit.

3. Gangguan lega kanal pencernaan

Alai-belai saluran pencernaan yang dapat menyebabkan sakit dada sebelah kiri adalah penumpukan gas di tali perut dan GERD (gastro-esophageal reflux disease).

Penumpukan gas di usus dapat menekan usus sebatas menimbulkan linu dada. Kondisi ini biasanya disertai oleh kandungan randu, sering kentut, dan sering bersendawa.

Padahal, GERD dapat menimbulkan nyeri dada atau dada terasa seperti tutung. Kondisi ini dapat berawal dari pinggul tulang dada dan meluas ke leher serta kerongkongan.

4. Masalah plong rabu

Infeksi paru dapat menyebabkan peradangan paru (pneumonia) dan peradangan gelimir di sekitar paru (pleuritis). Salah satu gejala yang dapat terjadi adalah sakit dada jihat kidal yang semakin terasa momen bernapas dan disertai dengan batuk atau napas nan terengah-engah.

5. Stres

Sakit dada sebelah kidal tidak hanya bisa disebabkan oleh rayuan fisik, melainkan juga gangguan mental seperti gangguan psikosomatik maupun stres. Stres yang tidak terkendali dapat menyebabkan rasa berlebih di dada.

Kondisi ini boleh diperparah dengan gaya semangat nan tidak sehat, seperti merokok dan konsumsi minuman beralkohol secara berlebihan. Jika tidak ditangani dengan tepat, kondisi ini boleh mengarah puas kelainan jantung.

6. Beda

Cedera di adegan dada, begitu juga otot terpukau, saraf nan tertekan, sumsum dada atau rusuk retak, dan bonyok di dada, lagi bisa menyebabkan lindu dada sisi kiri. Jenis cedera ini juga dapat menyebabkan rasa linu saat Sira menarik napas kerumahtanggaan atau batuk darah.

Pentingnya Penanganan terhadap Lindu Dada Sisi Kiri

Penanganan sakit dada jihat kiri berbeda-beda tersampir pada penyebabnya. Hal terpenting yaitu kenali gejala-gejala nan memerlukan tindakan taajul, misalnya guncangan khas yang disebabkan oleh serangan dalaman.

Baca :   Asal Mula Bunga Bangkai

Momen Anda merasakan sakit dada arah kiri, cobalah leyeh-leyeh dan cabut napas sumir beberapa kali dan longgarkan busana Anda. Selain itu, konsumsi obat pereda nyeri guna meringankan rasa nyeri yang muncul.

Sahaja, segera hubungi dokter atau petugas kedokteran jika sakit dada sebelah kiri yang muncul terasa sebagaimana berikut ini:

  • Terasa berat, sebagai halnya ditekan alias diremas
  • Menjalar dari dada ke lengan, telapak, leher, dan rahang
  • Berlangsung lebih dari 15 menit
  • Disertai enek, muntah bakat, penyakit asma, dan fisik berkeringat

Jangan lupa untuk rutin memeriksakan kebugaran jantung, terutama kalau Anda n kepunyaan risiko penyakit dalaman koroner. Risiko ini bisa semakin meningkat takdirnya Anda merokok, mengalami obesitas, serta memiliki tekanan sempit hati, kolesterol tinggi, atau diabetes.

Jangan meremehkan isi perut ini, biarpun penyebabnya belum tentu kondisi yang tekun dan mungkin bisa sembuh dengan sendirinya. Periksakan diri ke medikus cak bagi memaklumi penyebab ngilu dada sebelah kiri nan Anda rasakan guna mengantisipasi kondisi nan berbahaya.

Nyeri Di Dada Kiri Atas Payudara

Source: https://www.alodokter.com/apa-penyebab-sakit-dada-sebelah-kiri

Check Also

Menyusun Buah Di Piring

Menyusun Buah Di Piring Mengatur pola makan erat kaitannya dengan pola umur sehat. Namun, masih …